Research article
Conservation-Based Management of Children's Character Education on Barrang Lompo Island, Makassar City
Abstract
Pencemaran laut merupakan ancaman besar yang dapat memberikan dampak negatif terhadap kegiatan sosial, ekonomi dan budaya manusia. Pencemaran laut disebabkan oleh aktivitas manusia yang tidak memperhatikan kesehatan lingkungannya. Pencemaran laut tersebut dapat dicegah dan diminimalisir dengan cara konservasi. Pembentukan karakter anak berbasis konservasi adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan konservasi. Karakter anak dapat dibentuk melalui pendidikan di lingkungan keluarga, rumah dan lingkungan masyarakat. Lingkungan yang paling pertama dan utama dalam membentuk pondasi karakter anak yaitu keluarga. Keluarga memberikan andil yang sangat besar terhadap kekuatan pondasi watak konservasi anak. Dengan begitu perlu kajian terkait manajemen pendidikan karakter anak pada masyarakat pesisir yang juga sebagai pemanfaat langsung sumber daya laut. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pendidikan karakter anak berbasis konservasi pada masyarakat pesisir dan mengetahui keefektivan pendidikan karakter anak berbasis konservasi di lingkungan masyarakat pesisir. Mengetahui manajemen dan keefektifan manajemen pendidikan karakter anak di lingkungan keluarga. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data SPSS 25. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu pendidikan karakter anak sangat mempengaruhi sikap konservasi anak di Pulau Barrang Lompo. Semakin baik manajemen pendidikan karakter konservasi yang dilakukan oleh keluarga, maka semakin kuat pula sikap konservasi yang dimiliki anak.
Keywords
Declarations
License and permission
This article is distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0), which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material. If material is not included in the article's Creative Commons licence and your intended use is not permitted by statutory regulation or exceeds the permitted use, you will need to obtain permission directly from the copyright holder.
Publisher's Note
Sangia Publishing remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.
Ethical approval acknowledgements
No ethical approval required for this article.
Competing interest
No conflict of interest has been declared by the authors.
Supplementary files
Data sharing not applicable to this article as no datasets were generated or analysed during the current study, and/or contains supplementary material, which is available to authorized users.
References (1)
Amiruddin, Rifal, Najamuddin, Ahmadin, Bahri, & Rahman, A. (2020). Sosialisasi Pemahaman Sejarah dan Budaya Bahari sebagai Upaya Mencegah Pencemaran Laut pada Remaja. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 283–290. https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2179 Sosialisasi
Bonanno, G., & Orlando-Bonaca, M. (2018). Perspectives on Using Marine Species as Bioindicators of Plastic Pollution. Marine Pollution Bulletin, 137(October), 209–221. https://doi.org/10.1016/j.marpolbul.2018.10.018
Budianti, Y., Halomoan, S., & Wahyuni, S. (2020). Peningkatan Karakter Konservasi Melalui Sains Permulaan Berbasis Pendekatan Saintifik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan. Jurnal Raudhah, 8(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/585
Clayton, C. A., Walker, T. R., Bezerra, J. C., & Adam, I. (2021). Policy Responses to Reduce Single-Use Plastic Marine Pollution in The Caribbean. Marine Pollution Bulletin, 162(November), 111833. https://doi.org/10.1016/j.marpolbul.2020.111833
Fachry, M. E., & Alpiani, A. (2021). Model Pengelolahan Sampah Pada Masyarakat Pesisir Di Kepoposang. AGRIKAN-Jurnal Agribisnis Perikanan, 14(2), 427–437.
Fachry, M. E., Massiseng, A. N. A., Bahar, A., & Tuwo, A. (2021). Stakeholder roles in the baluno mangrove learning center ecotourism. AACL Bioflux, 14(4), 2525–2536.
Friedlander, A. M. (2018). Marine Conservation in Oceania: Past, Present, and Future. Marine Pollution Bulletin, 135(May), 139–149. https://doi.org/10.1016/j.marpolbul.2018.05.064
Indrawan, I., Wijoyo, H., Wiguna, I. M. A., & Suherman. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. In Jurnal Pendidikan Karakter (Vol. 0, Issue 3). CV. Pena Persada. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752
Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendekia, 10(1), 1–18.
Nwafor, N., & Walker, T. R. (2020). Plastic Bags Prohibition Bill: A developing Story of Crass Legalism Aiming to Reduce Plastic Marine Pollution in Nigeria. Marine Policy, 120(August), 104160. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2020.104160
Pujiati, A., Setiaji, K., & Purasani, H. N. (2017). Pendidikan Berkarakter Konservasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Problematika Dan Solusi Implementasi Kurikulum Menuju Pembangunan Berkelanjutan, September, 38–53.
Supriyono, Iskandar, H., & Gutama. (2015). Pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anaka Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. http://repositori.kemdikbud.go.id/6173/1/PKPKB OK PRINT.pdf
Bibliographic Information
Cite this article as:
-
Submitted
22 September 2022 -
Revised
15 January 2023 -
Accepted
Not available -
Published
7 October 2022 -
Issue date
30 October 2022
-
Discipline(s)
Antropologi Pesisir
Keywords
Copyright
Sangia Advertisement
© 2022 Sangia Research Media and Publishing. Production and hosting by Sangia (SRM™).
Disclaimer: All claims expressed in this article are solely those of the authors and do not necessarily represent those of their affiliated organizations, or those of the publisher, the editors and the reviewers. Any product that may be evaluated in this article or claim that may be made by its manufacturer is not guaranteed or endorsed by the publisher.