Strategi Pengembangan Usaha Bawang Merah Lokal Topo di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan

Munawir Muhammad, Ekaria Ekaria

Abstract


Bawang merah lokal topo tersebut umumnya ditanam di lereng-lereng bukit dengan kemiringan lebih dari 35% yang merupakan habitat alaminya. Bawang merah lokal topo punya nilai historis yang lekat dengan masyarakat Kota Tidore. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan finansial dan strategi pengembangan bawang merah lokal topo di Kota Tidore Kepulauan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui pengisian quesioner dan diikuti dengan wawancara. Penentuan responden dilakukan di Kecamatan Tidore Utara. Hal ini didasarkan pada hasil survey awal tentang jumlah petani bawang merah di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan, karena petani terbanyak yang mengembangkan komoditas bawang merah lokal topo. Strategi pengembangan usaha bawang merah lokal topo di analisis menggunakan dua analisis yaitu Analisis NPV, B/C ratio, IRR, PBP  dan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportinities, and Treat). Melalui hasil penelitian kelayakan usahatani dengan mengunakan modal sendiri (tingkat suku bungga 6%) maka NPV sebesar 432.002.424,91, Net B/C 4,40, IRR sebesar 13,70% dan Paiback Periode 0 tahun 7 bulan 2 hari. Berdasarkan kriteria kelayakan dimana NPV bernilai positif. Net B/C lebih dari satu dan IRR lebih besar dari tinggkat suku bunga berlaku, maka secara finansial usahatani bawang merah lokal topo layak untuk dijalankan dan hasil analisis SWOT terhadap strategi pengembangan bawang merah lokal topo diperoleh nilai IFAS sebesar 3,058 dan nilai EFAS sebesar 2,528 dan strategi yang tepat dalam pengembangan bawang merah lokal topo adalah strategi Diversifikasi yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).

Keywords


Strategi pengembangan, Usaha bawang merah lokal Topo.

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, (2019). Bawang Merah Topo, VUL Malut yang Berpotensi. Di kutip Oktober 2019. http://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/2559/.

Djuariah, D. dan Sumiati, E., 2003, Perbaikan Teknologi Biji Botani Bawang Merah dengan Teknik Polinasi Artificia, Laporan hasil Penelitian BALITSA.

Gray, Clive, dkk (2002). Pengantar Evaluasi Proyek. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Hidayat, 2014. Keragaan fisik dan morfologis bawang merah topo maluku utara. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku Utara.

Jiaravanon, S. (2007). Masa Depan Agribisnis Indonesia Prespektif Seorang Praktis. Orasi Ilmiah, Disampaikan Dalam Rangka Penerimaan Gelar Doktor Honoris Causa di Institut Pertanian Bogor. IPB Bogor.

Kadariah.2001. Evaluasi Proyek Analisis Ekonomi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Kadariah. 1999. Evaluasi Proyek Analisis Ekonomi. Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi UI. Jakarta.

Kusumayana dan Redhanie, 2016. Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Bawang Merahdi Kabupaten Tabalong. Jurnal Daun,Vol. 3 No. 1, Juni 2016 : 29–36

Muhammad Munawir, 2018. Identifikasi daya saing bawang merah topo varietas unggul lokal Kota Tidore Kepulauan.

Nurhapsa, 2015. Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usahatani Bawang Merah Di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Jurnal Galung Tropika, 4 (3) Desember 2015, hlmn. 137 – 143.

Rangkuti, Freddy, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT, Gramedia. Jakarta

Sugiyono, (2006). Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat, Jakarta

Suroso. 2003. Pengaruh Informasi Akuntansi dan Bukan Akuntansi terhadap Keputusan Kredit pada PT. Bank Mandiri Tbk Cabang Imam Bonjol Medan. Program Studi Akuntansi. USU. Medan.

Sugihono, et all, (2010). Inovasi Teknologi Bawang Merah CV.Topo Sebagai Varietas Unggul Lokal Spesifik Maluku Utara. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku Utara.

Supriadi et, all, 2013. Strategi Pengembangan Usaha Bawang Goreng Pada Umkm“Usaha Bersama”Di Desa Bolupountu Jaya Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. e-J.Agrotekbis 1 (3) : 282-287, Agustus 2013

Suratiyah, K. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29239/j.agrikan.12.2.209-219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




© Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan 2019

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________________________________
Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan
ISSN 1979-6072  (print) | 2621-0193 (online)
Organized by Aquaculture Department - Wuna Raha Agricultural Sciences University, and Agricultural Faculty - Muhammadiyah Maluku Utara University
Published by Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha
Website : https://ejournal.stipwunaraha.ac.id/index.php/agrikan
Email : agrikan@gmail.com, agrikan_ummu@yahoo.com

View Agrikan Stats