Kandungan Kadar Air (H2O) Dari Jenis Kayu Jati (Tectona grandis) Dan Kayu Sengon (Paraserianthes falcataria) Asal Tobelo Kabupaten Halmahera Utara

Jacob Kailola, Radios Simanjuntak, Kornelius Punyia

Abstract


Pengetahuan yang terbatas tentang sifat fisika kayu (kadar air dan jenis berat), sementara kayu sangat potensial dengan berbagai jenis dan memiliki karakter dan vareabilitas beragam maka sangat perlu diteliti  sifat-sifat kayu, sehingga kita dapat mengetahui kemampuan kayu untuk penggunaannya menyangkut higrokofisitas (kemampuan) kayu menyerap dan menghilangkan air), kerapatan  sehingga penggunaannya bisa dimanfaatkan secara lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyerapan kadar air  pada pohon jati dan sengon asal Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Hasil penelitian ini diharapkan: 1). Dapat memberikan data dan informasi ilmiah tentang penyerapan kadar dari kayu keras dan kayu lunak kepada dunia akademik, komunitas, pemerintah untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam pengelolaan. 2). Menjadi pedoman untuk menentukan jenis vegetasi yang memiliki tingkat penyerapan H2O yang tinggi untuk melakukan tindakan rehabilitasi di daerah yang sudah mengalami kerusakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kadar air pada kayu sengon bagian pangkal 38,485 %, tengah 36,412 % dan ujung 38,162 %. Pada kayu jati  nilai rata-rata pada bagian pangkal  56.406 %, tengah  58,463 % dan ujung 51,045 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang  memberikan pengaruh nyata terhadap kandungan air yaitu jenis pohon dengan nilai sig sebesar 0,004 lebih kecil dibandingkan dengan α 0,05.

Keywords


kandungan kadar air, kayu jati, kayu sengon.

Full Text:

PDF

References


Anonimous., 2016. Mengenal Jenis – Jenis Kayu(http://hobikayu.com/baca/mengenal-jenis-jenis-kayu. html). Diakses tanggal 28 Mei 2018.

Haygreen, J. G.,1989. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu Suatu Pengantar. Universitas Gadjah Mada

Kailola 2006. Sifat Fisik Beberapa Jenis Kayu Unggulan Asal Tobelo, Menurut Ketinggian dan Kedalaman Batang. Jurnal Agroforestry Poltek Padamara 2006.

Kailola, J. 2017. Inventarisasi Keanekaragaman Jenis Vegetasi Hutan di Desa Roko Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Ilmu – ilmu Pertanian Cannarium 2017. Fakultas Pertanian Universitasa Khairun.

Nanere, J. 2007. Pengembangan Halmahera Utara ”Suatu Tinjaun Koprehensif Materi Seminar Nasional Di Tobelo (” Perspektif Hibualamo Menuju Kemandirian Daerah”). Jurnal Informasi dan Inovasi Iptek Agroforestri – lingkungan pulau – pulau kecil. Volume II Nomor 3 September 2007).

Prasmadji, R.H. 2015. Tingkat Keanekaragaman Hayati. Jakarta: Balai Pustaka.

Silooy, G.A., 1983. Fariabilitas Sifat Mekanik Pada Kondisi Kering Udara Dari Jenis Kayu Makila (Litsea Anggulata BI) dan Lingua (Pterocarpus Indicus Will). Asal Kecamatan Waipia Seram Selatan Kabupaten Dati II Maluku Tengah Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon (Tidak dipublikasikan).

Soerianegara, Idan Lemmens, R.H.M.J, 1993. Tanaman Sengon (Paraserianthes falcataria) Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam. 3(5):541-553

Sulistyo J, dan Marsoem SN. 1995. Pengaruh Jenis Terhadap Sifat Fisika Kayu Jati (Tectona Grandis) dan Kayu Sengon (Paraserianthes falcataria).

Supranto, J., 2009, Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi ke tujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Suwarno A, Marsoem SN, dan Sutapaga JPG. 2000. Pengaruh Jenis Kayu Lunak dan Kayu Keras Terhadap Sifat Fisika Kayu.




DOI: https://doi.org/10.29239/j.agrikan.12.2.311-316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




© Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan 2019

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________________________________
Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan
ISSN 1979-6072  (print) | 2621-0193 (online)
Organized by Aquaculture Department - Wuna Raha Agricultural Sciences University, and Agricultural Faculty - Muhammadiyah Maluku Utara University
Published by Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha
Website : https://ejournal.stipwunaraha.ac.id/index.php/agrikan
Email : agrikan@gmail.com, agrikan_ummu@yahoo.com

View Agrikan Stats