Frequently Asked Questions (FAQ)

Petunjuk Umum

Untuk menghindari adanya kekeliruan dan kesalahpahaman para pengguna dalam penerbitan berkala ilmiah berbasis daring (online) dengan perangkat Open Journal System (OJS) pada umumnya, kami menyediakan daftar pertanyaan yang sering di ajukan terkait penerbitan naskah di Akuatikisle: Jurnal Akuakultur, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul;

 

[Q] - Berapa kali Akuatikisle Jurnal terbit dalam setahun?

[A] Akuatikisle Jurnal saat ini terbit 2 kali dalam setahun, Bulan Mei dan Nopember.

[Q] - Bagaimana cara mendaftar di Open Journal System?

[A] Informasi teknis langkah-langkah pendaftaran user sebagai Reader, Author, atau Reviewer, silahkan ikuti petunjuk yang kami sediakan di SINI. Petunjuk yang kami sediakan dititikberatkan untuk author.

[Q] - Bagaimana cara mengirim naskah ke Akuatikisle?

[A] Silakan ikuti langkah-langkah pengiriman naskah yang kami sediakan di SINI.

[Q] - Bagaimana format penulisan naskah yang berlaku di Akuatikisle?

[A] Format penulisan naskah Akuatikisle Jurnal kami sediakan template agar lebih memudahkan penulis. Silakan lihat di SINI.

[Q] - Adakah panduan teknis penulisan naskah?

[A] Kami menyediakan Pedoman bagi Penulis (Guide for Author - GfA) Akuatikisle Jurnal. Untuk memngetahui lebih detail, silakan klik di SINI.

[Q] - Bagaimana Kode Etik penulisan naskah di Akuatikisle?

[A] Kode Etik penulisan naskah di Akutikisle Jurnal mengikuti ketentuan Committe on Publication Ethics (COPE) atau lihat Publication Ethics.

[Q] - Kapan batas waktu pengiriman naskah di Akuatikisle?

[A] Akuatikisle Jurnal tidak membatasi waktu pengiriman naskah.

[Q] - Apakah bisa saya mengirimkan naskah pada bulan Mei untuk diterbitkan pada Edisi Mei ditahun yang sama?

[A] Proses pengiriman naskah di Akuatikisle Jurnal melewati beberapa tahap hingga siap terbit dengan jangka waktu minimal 2 bulan sebelum naskah dinyatakan siap terbit (catatan: proses normal, naskah revisi minor, penulis aktif menanggapi komentar mitra bestari dan editor).

[Q] - Apakah ada biaya yang dikenakan dalam penerbitan naskah di Akuatikisle?

[A] Ya, setiap naskah yang akan diterbitkan dikenakan biaya untuk proses publikasi, Besaran biaya penerbitan naskah lihat di Athor(s) Fees atau silakan klik di SINI.

 

Catatan:

Daftar pertanyaan akan terus diperbaharui (update) sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan para pengguna Akuatikisle Jurnal.