Implementasi Data Mining pada Penjualan Produk Millionare Club Indonesia dengan Algoritma Apriori

Misriani Misriani

Abstract


Dalam persaingan dunia bisnis sekarang ini menuntut para pelakunya untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Untuk mencapai hal itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualiatas produk, penambahan jenis produk, dan pengurangan biaya operasional perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut terdapat beberapa hal yang bisa dijalankan salah satunya dengan melakukan analisis data perusahaan. Dalam data mining terdapat beberapa algoritma atau metode yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu algoritma apriori yang termasuk dalam aturan asosiasi dalam data mining. Algoritma apriori yang bertujuan untuk menemukan frequent item sets pada sekumpulan data. Algoritma apriori didefinisikan suatu proses untuk menemukan suatu aturan apriori yang memenuhi syarat minimum untuk support dan syarat minimum untuk confidence. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui apakah algoritma apriori dapat mengembangkan penjualan dan strategi pemasaran serta mengetahui hubungan antar barang guna menentukan penempatan barang. Kesimpulan dari pembuatan tugas akhir ini adalah mengidentifikasi barang-barang yang dibeli secara bersamaan kemudian digunakan untuk mengatur penempatan/tata letak barang.

Keywords


Data Mining; Penjualan Produk MCI; Algoritma Apriori; Support; Confidence

Full Text:

PDF

References


Beta, N., & Nurdin, B. (2010). Implementasi data Mining Untuk Menemukan Pola Hubungan Tingkat Kelulusan Mahasiswa Dengan Data Induk Mahasiswa. Prosiding Seminar dan Call Paper Munas APTIKOM Politeknik Telkom Bandung, 09 Oktober 2010.

Davies and Paul Beynon. 2004, Database Systems Third Edition, Palgrave Macmillan, New York.

Budi, S. (2007). Data Mining : Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis Teori & Aplikasi. Graha Ilmu.

Dana Sulistiyo Kusumo, Moch. Arief Bijaksana, Dhinta Darmantoro. Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada RDBMS Oracle, 2003 Jurnal Penelitian dan Pengembangan TELEKOMUNIKASI, Juni 2003, Vol. 8 No. 1,3.

Devi Dinda Setiawati. Penggunaan Metode Apriori Untuk Analisa Keranjang Pasar Pada Data Transaksi Penjualan Minimarket Menggunakan Java & MySql

Dewi Kartika Pane. 2013. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori.

Denny Haryanto, Yetli Oslan, Djoni Dwiyana. 2011. Implementasi Analisis Keranjang Belanja Dengan Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Motor, Jurnal Buana Informatika, Universitas Kristen.

Heru Dewantara, Purnomo Budi Santosa, Nasir Widha Setyanto. Perancangan Aplikasi Data Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Frekuensi Analisis Keranjang Belanja Pada Data Transaksi Penjualan.

Kusrini, 2007, Penerapan Algoritma Apriori pada Data Mining untuk Mengelompokkan Barang Berdasarkan Kecenderungan Kemunculan Bersama dalam Satu Transaksi

Kusrini. 2010. Algoritma Data Mining, Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© Router Research 2019

Creative Commons LicenseThis article is distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License